Navigation Menu+

Anggunnya Desain Rumah Mediterania Klasik nan Modern

Posted on Dec 3, 2012 by in Uncategorized | 2 comments

Desain rumah impian di dunia arsitektur memang bermacam-macam, mulai dari desain rumah bergaya minimalis sampai dengan desain rumah bergaya klasik. Walaupun desain rumah yang banyak diminati adalah desain rumah bergaya minimalis, tidak ada salahnya untuk menambah wawasan mengenai tipe desain rumah lainnya yang juga unik dan artistik. Contohnya seperti yang akan dibahas oleh tim desain rumah kali ini, yakni desain rumah mediterania yang cantik dan anggun.

contoh desain rumah mediterania klasik

Mediterania tidak hanya terkenal dengan citarasa makanannya yang sangat lezat, tapi juga desain arsitekturnya yang sangat menawan. Desain rumah Mediterania memang belum terlalu umum dijumpai pada arsitektur rumah hunian di Indonesia. Hal ini mungkin dikarenakan hunian dengan pembangunan desain rumah mediterania membutuhkan penanganan khusus oleh arsitek jika ingin hasilya bagus dan sempurna. Rumah ini memiliki banyak sekali ciri khas yang harus ditonjolkan misalnya seperti ukiran atau ornamen khas Mediterania yang harus ditampilkan pada tepian dinding, bingkai jendela, bingkai pintu, tiang-tiang pilar di rumah, dan bahkan pembatas tangga, balkon, dan pagar. Oleh karena itulah pembangunannya terbilang cukup mahal dibandingkan dengan pembangunan rumah bergaya minimalis, hal ini dikarenakan banyaknya ornamen dan furnitur dengan bentuk khusus yang harus dibeli untuk menyempurnakan keindahan dan keanggunan desain rumah Mediterania.

Gaya desain rumah mediterania sendiri berasal dari wilayah sepanjang pesisir lautan Mediterania yang beriklim subtropis. Atena, Barcelona, Beirut, Yerusalem, Madrid, Marseille dan Roma merupakan deretan kota yang terdapat di wilayah ini. Ciri iklim di area ini adalah musim panas yang hangat hingga panas dan kering, dan musim dingin yang mild dan basah. Hal ini dikarenakan wilayahnya yang berada dekat dengan Laut Mediterania, sehingga diperlukan gaya rumah yang dapat memberikan suasana sejuk di musim panas namun bisa menciptakan suasana hangat di musim dingin.

Elemen dekoratif yang khas pada desain rumah mediterania adalah banyaknya tiang-tiang pilar besar dan tinggi yang digunakan sebagai penyangga eksterior rumah. Tiang-tiang ini biasanya menggunakan aksen berputar atau spiral yang elegan, disertai dengan ukiran tertentu dibagian bawah dan atasnya.

contoh desain rumah mediterania klasik 2

Selain itu, ciri khas lain yang dapat dijumpai pada desain rumah mediterania adalah, kita bisa menemui kubah-kubah mewah seperti yang sering kita lihat di masjid-masjid besar. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh arsitektur Islam pada desain rumah Mediterania. Bahkan dari jenis ukiran jendela dan pintunya pun sangat kental dengan suasana Timur Tengah atau Arabic, contohnya penggunaan kisi-kisi teralis jendela dengan pola kulit nanas. Namun, selain penggunaan atap berbentuk kubah, ada juga yang lebih senang mengaplikasikan atap berbentuk pelana dengan ukiran yang identik dengan gaya spanyol kolonial.

contoh penggunaan kubah pada mesjid yang bisa diterapkan pada desain rumah mediterania

desain rumah mediterania bergaya spanol kolonial dengan unsur kubah di langit-langit

Untuk jenis pintu dan jendela pada desain rumah Mediterania sendiri, kita bisa menggunakan jenis jendela dan pintu bergaya Spanish Renaissance, Romawi Kuno, atau Maroko. Bahkan jika dirasa pas, Anda bisa menggunakan jendela dan pintu bergaya Kolonial dengan ventilasi udara berbentuk setengah lingkaran.

bentuk jendela pada desain rumah mediterania bergaya spanyol kolonial

desain pintu spanyol kolonial pada desain rumah mediteraniaUntuk furnitur pada desain rumah mediterania, pilih saja yang mempunyai ornamen atau ukiran cukup banyak, terlihat antik, menggunakan bahan dan warna natural seperti coklat dari material kayu alami misalnya untuk memberikan kesan mewah, klasik dan anggun. Biasanya ukiran pada furnitur berbentuk bunga-bunga atau spiral bergelombang.

contoh desain ruang pada desain rumah mediterania

Bentuk arsitektur yang dominan dijumpai pada rumah bergaya Mediteranian ini antara lain adalah bentuk bangunan yang bulat dan setengah lingkaran.

bangunan arsitektur berbentuk melengkung dan lingkaran pada desain rumah mediterania

contoh desain rumah mediterania bergaya arabic

Elemen dekorasinya juga biasanya menggunakan ornamen-ornamen yang berkesan “berat” dan megah seperti dari ukiran-ukiran besi, rangkaian marmer, batu-bata atau batu alam, dan lain sebagainya. Untuk warna cat interior dan eksterior sendiri, yang biasa digunakan adalah warna-warna hangat seperti beige, cream keemasan, kuning, oranye, coklat atau terakota. Biasanya warna-warna tersebut dipadukan dengan warna putih atau broken white atau warna lain yang lebih gelap untuk menimbulkan kesan gagah, seperti hitam atau cokelat gelap misalnya.

Desain rumah Mediterania sendiri juga ada yang dipadu-padankan dengan rumah bergaya minimalis. Mungkin hasil jadi persilangan antara desain rumah Mediterania dengan Minimalis akan terlihat seperti ini.

contoh rumah meditrerania klasik bergaya minimalis

Sebagai info tambahan, desain rumah Mediterania tidak hanya digunakan untuk desain rumah-rumah yang besar dan megah tapi juga bisa diaplikasikan untuk rumah dengan ukuran kecil hingga sedang, seperti yang terlihat pada rumah berikut.

contoh desain rumah mediterania sederhana

contoh desain rumah mediterania sederhana 2

2 Comments

  1. sgt menarik .berminat dgn gaya rumah klasik 2. interest 4 more detail

  2. Dear,
    Saya sangat suka rumah dengan konsep klasik,
    Saya bergerak di bidang developer perumahan, mohon kiranya dapat dibantu untuk gambar-gambarnya

    Trims

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>