Navigation Menu+

Mengenal Desain Warna Rumah

Posted on Oct 29, 2012 by in Uncategorized | 0 comments

Bermain dengan warna merupakan hal yang menyenangkan. Seperti yang dikutip dalam sebuah sumber bahwa warna adalah spectrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Saat kecil, mungkin Anda mengenal warna dalam sebuah objek pemandangan pelangi yaitu merah , jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu atau dikenal mejikuhibiniu.

Warna Warni Interior 1

Dalam memandang warna, terdapat beberapa objek dan benda-benda yang sangat dekat dengan kehidupan. Seperti berbagai buah-buahan, sayuran, fashion, furniture, hingga hunian dan tempat tinggal. Komposisi warna pada objek-objek tersebut bisa menjadi sebuah mahakarya seni dan mampu memberi pengaruh pada siapa saja yang melihatnya. Ya setiap tipografi warna memiliki arti dan pemaknaan yang berbeda-beda.

Memang banyak orang mengasosiasikan warna pada makna tertentu. Sebenarnya, warna yang dilihat oleh mata memang menstimulasi rangsangan pada otak. Seperti contoh hasil penelitian restoran cepat saji yang menggunakan warna merah pada restonya. Hal tersebut dianggap dapat memicu orang-orang yang melihatnya merasa lapar. Selain memiliki “kemampuan” untuk mempengaruhi orang yang melihatnya, warna-warna berbeda juga memiliki kemampuan yang juga berbeda dalam menyerap atau memantulkan cahaya.

Warna Warni Interior 2

Lain lagi jika mengambil beberapa warna untuk diaplikasikan kedalam desain interior rumah. Bahwa lewat pemilihan warna yang tepat akan mengubah psikologis di dalam ruangan serta trik ini akan menghasilkan suasana baru penuh kenyamanan. Efek pada warna juga bisa membuat ruang sempit tampak luas bahkan dengan pengaruh warna juga bisa membuat ruang yang tampak lebar jadi lebih pas dipandang. Sebagai contoh memberikan warna dingin pada plafon dan warna hangat atau gelap di kanan kiri dinding untuk mendekatkan jarak antar dinding. Dan contoh lainnya tentu bisa dipadukan dengan menyeimbangkan suasana area dinding yang gelap agar diberikan aksesoris lukisan berwarna cerah yang menciptakan kesan lebih dalam.

Kali ini tak peduli desain rumah minimalis atau desain rumah tradisional joglo sekalipun, warna memang dipercaya memegang peranan penting dalam ruang pada hunian. Jadi, pertama kita harus menegetahui bahwa terdapat tiga warna primer yaitu kuning, merah, dan biru. Ketika menggabungkan warna primer bersama-sama, maka kita akan mendapatkan pula warna sekunder yakni kuning dan biru menjadi hijau, kuning dan merah oranye, sampai biru dan merah agak keunguan. Perpaduan warna primer dan sekunder ini akan menghasilkan nuansa warna yang berbeda yang juga disebut warna tersier.

Warna Warni Interior 3

Biasanya jika kita melihat color chart, biasanya warna dingin berada di sisi biru dan hijau. Sementara warna hangat berada di sisi kuning dan oranye. Secara keseluruhan, warna memberi masuk dalam pikiran, bisa menguatkan, menghibur, merasa aman, tenang, santai hingga mampu meningkatkan kemampuan ingatan akan hal-hal menyenangkan.

Sebelum lebih jauh mengenal warna pada desain ruang interior, berikut sedikit tips yang perlu dipertimbangkan saat memilih warna pada ruang :

  1. Berpikirlah tentang berapa lama kita akan menghabiskan waktu di ruang tersebut. Kegiatan yang akan terjadi diruangan akan membuat suasana hati menginduksi warna yang dipilih dan digunakan.
  2. Pastikan dengan melihat apakah matahari memasuki ruang di waktu pagi, siang, sore, dan malam hari. Ini juga akan tergantung dengan posisi kamar.
  3. Lihat seberapa besar ruang yang dimiliki. Dalam menggunakan warna terang atau lebih gelap. Warna cerah memberikan rasa lebih banyak ruang dan warna lebih gelap atau hangat membuat ruang terlihat lebih kecil.

Dengan memahami tiga tips diatas, kini akan diulas beberapa ruang dengan permainan dan pemilihan tipografi warna.

Ruang Keluarga

Coklat merupakan warna yang dipercaya dapat menimbulkan perasaan alami dan nyaman. Coklat atau brown biasanya terdiri dari warna-warna hitam, kuning, abu-abu, hijau, merah, oranye bahkan ungu. Di banyak tempat, coklat juga merupakan warna bumi. Coklat juga memberikan rasa aman dan stabilitas. Dalam pengaturan warna desain interior, coklat dapat menambahkan kedalaman dan kehangatan.

Desain Ruang Keluarga

Seperti contoh ruang keluarga dengan furniture dan lantai kayu parket indah atau warna natural yang halus pada ruang keluarga. Seperti pada contoh rumah desain Jepang yang penuh dengan unsur kayu dan berkesan dekat dengan alam. Atau jika kita menggunakan kayu kasar atau tekstil pada nuansa ruang keluarga tentu akan membuat efek pedesaan yang menyenangkan.

Ruang Tamu

Memilih warna untuk ruang tamu tergantung kesan yang ingin Anda capai di ruangan tersebut. Jika memang menginginkan suasana formal dan maskulin, Anda dapat memilih warna abu-abu untuk ruang tamu Anda.

Desain Ruang Tamu

Sementara itu, untuk menampilkan kesan luas, Anda dapat memilih warna-warna terang. Sebaliknya, warna gelap akan membuat raung tamu Anda lebih cozy dan lebih sempit. Kesan inviting bisa Anda dapatkan dengan menggunakan warna beige, krem atau kuning gading.

Ruang Makan

Sama seperti contoh penelitian diatas, apa yang dilakukan oleh pengusaha makanan cepat saji. Kita dapat menggunakan warna-warna terang seperti kuning, merah atau oranye.

ruang makan minimalis

Kita juga dapat menggunakan warna-warna bumi yang terkesan serba guna.  Namun, pastikan untuk menghindari pemakaian warna biru, karena warna ini dipercaya akan menurunkan nafsu makan.

Kamar Tidur

Jadikan kamar tidur sebagai area untuk kita menjadi lebih dekat dengan diri sendiri dan tentu merupakan area privasi pertama setelah kamar mandi. Kamar tidur akan semakin nyaman jika menggunakan warna-warna menenangkan seperti biru atau hijau.

Desain Kamar Tidur 1Desain Kamar Tidur 2

Untuk kesan romantis, warna burgundi, persik, koral, ungu, dan merah muda dapat menjadi pilihan. Untuk memilih warna cat pada kamar tidur, kita boleh menghindari warna terlalu terang dan masukan beberapa warna hangat dan bisa menciptakan suasana tenang dan nyaman.

Kamar Mandi

Sebagai salah satu kamar paling pribadi, pilihan warna di ruangan ini sepenuhnya ada di tangan pemilik rumah. Namun, penggunaan warna biru muda, warna buih laut kehijauan, dan warna-warna bumi akan menghidupkan kesan seperti tengah berada di dalam spa.

Desain Kamar Mandi 1

Desain Kamar Mandi 2

Desain Kamar Mandi 3

Kamar mandi juga bisa ditampilkan dalam dekorasi tirai-tirai cantik untuk mendeskripsikan area privasi. Jadikan warna pada kamar mandi sebagai penyembuhan dan relaksasi saat kita berada didalam. Kamar mandi merupakan area privasi dimana kita dapat lebih mengenal dan dekat dengan diri sendiri. Oleh karena itu, pilihlah warna yang menyejukan dan membuat kita lebih rileks dan nyaman.

Dapur

Untuk memilih warna pada area dapur, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan warna kitchen set. Setelah itu, carilah warna yang serasi. Selain merupakan bagian paling utama dari dapur, cara lebih mudah dan murah adalah mengganti cat dan pernak-pernik dapur daripada harus membeli kitchen set baru.

Desain Dapur 1

Coba warna-warna seperti oranye, coklat, merah, atau kuning. Menggunakan warna merah terakota sebagai aksen juga akan membuat daput lebih cantik.

Desain Dapur 2

Selebihnya kita dapat bermain dengan warna untuk membangkitkan mood bagi seluruh anggota keluarga. Jadi, warna apa yang akan Anda aplikasikan untuk interior ruang pada hunian Anda?

Sumber : Berbagai sumber

 

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis | Desain Rumah - [...] warna putih sekejap dapat membuat ruang keluarga terlihat lebih luas dan segar. Atau aplikasi warna ruang keluarga seirama dapat ...
  2. Rumah Impian Dengan Desain Modern | Desain Rumah - [...] dengan material kayu dan rotan pada elemen-elemen interiornya. Atau Anda juga bisa bermain warna pada dinding hunian. Mulai dari ...

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>