Navigation Menu+

Rumah Minimalis Dalam Gaya & Biaya

Posted on Feb 21, 2013 by in Uncategorized | 0 comments

Ingin mendapatkan tatananan interior rumah yang keren, fungsional namun biaya tetap terjangkau? Adakah solusi mudahnya? Cobalah untuk menyiasati dengan material dan desain yang digunakan. Yaitu, hindari desain yang rumit namun pilihlah dengan gaya yang simpel namun trendi dan fungsional. Jangan terpaku dengan luas lahan, tetaplah berkreasi agar rumah minimalis modern tetap bisa tampil gaya. Mewujudkan hunian yang sesuai dengan keinginan tentu bertahap karena kini bahan material yang mahal dan budget yang belum maksimal kerap kali menjadi kendala.

Contohnya, Anda bisa menggunakan teraso cetakan sebagai badan utama meja (cabinet) pada dapur atau kamar mandi.  Jika Anda tak terlalu percaya akan dunia fengshui, cobalah “isi” meja permanen dengan pintu-pintu serta laci-laci lebar yang berkapasitas besar. Atau bisa dengan menggunakan material dasar multiplek untuk pintu dan laci dengan lapisan HPL (High Pressure Laminated) sebagai finishing-nya. Kedua bahan seperti ini relatif murah dan mudah didapat juga mudah pengerjaannya, sehingga bisa menekan biaya ongkos pengerjaan (ongkos tukang).

Rumah Desain Minimalis

Membeli Rumah

Dengan alih-alih menggunakan desain modern, simpel, dan minimalis, Anda dapat mendesain bentuk laci dan daun pintu sedemikian rupa, sehingga tidak perlu menggunakan banyak handle. Apalagi jika rumah Anda memiliki lahan yang terbatas seperti rumah minimalis satu lantai misalnya. Yang pasti, dengan laci berukuran besar, kapasitas penyimpanan lebih memadai, sehingga tak diperlukan lagi kabinet gantung (yang biasanya dipasang di dinding bagian atas). Keramik pelapis dinding juga dapat dihilangkan dengan cara menggunakan cat dinding berkualitas baik yang mudah dibersihkan tanpa memudarkan warna.

rumah minimalis

rumah minimalis

Hal serupa juga dapat diaplikasikan di kamar mandi rumah. Sebagai pelengkap meja wastafel, tempelkan selembar cermin di dinding atas meja. Cermin tersebut tidak perlu menggunakan bingkai, cukup dihaluskan di sisi-sisinya saja dengan menggunakan mesin penggosok khusus, dan diberi lapisan dasar lembaran multiplek untuk menempel di dinding. Agar tidak terlihat “terlalu biasa”, bahkan bentuk cermin berukuran tipis melebar juga bisa Anda gunakan.

Menciptakan rumah desain minimalis dengan perabotan yang juga minimalis biaya tergantung bagaimana Anda berkreasi. Dan berikut adalah tips kecil untuk memaksimalkan desain rumah mungil minimalis yang bisa Anda terapkan :

rumah minimalis

rumah minimalis

Gunakan Cermin

Sejatinya, cermin tak hanya untuk merias dan bersolek. Dan tak diragukan bahwa cermin mampu menciptakan kesan luas pada ruangan. Pakailah cermin di daerah meja makan atau sekitar dapur dan bisa pula di daerah ruang keluarga. Cermin yang memiliki ukuran besari disimpan di tempat yang menghasilkan efek ruang yang kuat. Sebelum cermin diletakkan di dinidng, kita dapat mencoba-coba dulu penempatannya di beberapa tempat untuk mengetahui efek ruang.

Gunakan Furniture Berukuran Kecil

Anda bisa mengambil contoh dari meja makan. Gunakan meja makan kecil dan diletakkan menempel tembok dengan 4 kursi. Kursi yang digunakan lebih baik puff sehingga kesan ruang lebih luas. Gunakan pula coffee table berukuran kecil sebagai tambahan dekorasi unik.

Furniture Ringan

Hindari penggunaan lewat memilih furniture yang berat dan tebal. Cari furniture yang tipis dan berbentuk rangka (bukan bidang). Misalnya furniture berkaki jangan penuh sampai ke lantai. Hal ini agar rumah tidak terlihat sempit dan penuh.

Desain Rumah Minimalis

Masih ingin tampil gaya dalam biaya? Manfaatkan barang-barang antik Anda sebagai aksen dekorasi kecil pada sudut ruang. Misalnya pada area sudut ruang tamu yang kosong, bisa Anda gunakan pajangan berupa barang antic yang sudah lama berdiam di gudang. Manfaatkan pula hasil gambar anak-anak Anda untuk dipajang disepanjang tangga rumah. Selain memberi sisi positif karena telah mengapresiasikan karya mereka, rumah juga akan terasa menyenangkan. Dekorasi minimalis dalam gaya dan biaya pun tetap memberi kesan seni yang berbeda. Siap berkreasi?

 

 

Sumber : Berbagai sumber

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>